12 Langkah Persiapan Pernikahan

Sebagian kasus pertemuan dengan kedua orangtua juga membahas tanggal lamaran, dan di luar itu masing-masing dari kedua pihak menentukan siapa yang menjadi wakil dari pihak pria maupun perempuan untuk berbicara pada saat lamaran.

Kedua, pihak laki-laki mempersiapkan ‘oleh-oleh’ -biasanya disebut hantaran- atau bisa disertai ‘seserahan‘ yang akan diserahkan kepada pihak perempuan saat lamaran.

‘Oleh-oleh’ atau hantaran biasanya berupa makanan. Orangtua akan menyarankan dan sudah tahu apa saja yang mau dibeli. Tradisi Jawa, misalnya; membawa makanan yang teksturnya lengket seperti kue lapis legit, wajik, dan kue lumpur pisang. Apa maknanya? Kata orang; “Supaya mempererat hubungan kedua calon beserta pihak keluarga dari mempelai laki-laki dan perempuan”.

Sementara ‘Seserahan’ umumnya berisi barang-barang kebutuhan perempuan yang diberikan sebagai simbol bahwa laki-laki mampu memenuhi kebutuhan hidup perempuan kelak. Barang-barang dalam seserahan dapat dipilih sendiri oleh perempuan, namun perlu diperhatikan bahwa barang-barang tersebut harus sesuai dengan kebutuhan.

Ketiga, prosesi lamaran. Setiap pasangan berbeda-beda dalam prosesi lamaran. Ada yang melakukan prosesi tukar cincin pertunangan, ada pula yang tidak. Begitu juga dengan seserahan, ada yang memberikan seserahan pada saat hari pernikahan, bukan pada saat lamaran. Bisa pula memberikan sebagian seserahan pada saat lamaran, sebagian lainnya setelah akad. Pada saat proses itu pula, wakil dari pihak perempuan akan menanyakan kesediaan kepada perempuan untuk menerima lamaran laki-laki dengan menjawab “Ya” atau “Tidak”, “Siap” atau “Belum Siap”.

Setelah itu, kedua pihak membicarakan tanggal pernikahan. Masing-masing memberi masukan mengenai tanggal pernikahan yang sesuai. Setelah sama-sama sepakat, Anda dan pasangan memiliki waktu untuk mempersiapkan pernikahan. Ada yang 8 bulan, bahkan ada pula yang hanya memiliki waktu tiga bulan. Then, what should be prepared?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *