12 Langkah Persiapan Pernikahan

12 LANGKAH PERSIAPAN PERNIKAHAN

Mulailah dari yang urgensinya paling penting !

Kebanyakan pasangan tidak menyadari bahwa pernikahan semestinya dipersiapkan secara sistematis. Coba urutkan satu persatu dimulai dari hal yang paling penting. Ini perlu diperhatikan supaya tidak terjadi masalah-masalah di kemudian hari yang sulit diatasi. So, apa saja 12 langkah persiapan pernikahan tersebut?

Tamu Undangan

Mana yang sebaiknya dipikirkan dan ditentukan terlebih dahulu? Tamu undangan atau tempat pernikahan?

Banyak pasangan yang memiliki tempat pernikahan impian, namun lupa mempertimbangkan kapasitas tempat dan jumlah tamu yang diundang. Tentukan terlebih dahulu siapa saja yang akan diundang, dan Anda akan tahu berapa jumlahnya. Pada umumnya proses ini perlu dipersiapkan dengan cermat. Sebab, jika ada orang-orang penting dalam keluarga yang lupa diundang biasanya akan menimbulkan masalah di kemudian hari; hubungan keluarga yang merenggang. Pihak laki-laki dan perempuan masing-masing menentukan siapa saja yang akan diundang. Anda bisa mengurutkan dari keluarga inti, keluarga besar, rekan-rekan kerja, teman-teman dekat, kemudian teman-teman lain.

Tempat pernikahan & Pendaftaran ke Lembaga Pernikahan yang berwenang

Jika sudah menemukan dan menentukan berapa jumlah tamu yang akan diundang, Anda bisa menentukan tempat. Anda bisa mengurutkan tempat mulai dari kondisi Anda dan keluarga inti terlebih dahulu. Misalnya; orangtua atau nenek dan kakek sudah cukup sulit untuk beraktivitas sehingga dikhawatirkan tidak dalam kondisi fit melalui hari bahagia bersama Anda. Maka dari itu, Anda bisa memilih tempat pernikahan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah.

Jika Anda tetap ingin melangsungkan pernikahan di tempat yang Anda idamkan, Anda perlu memesan hotel atau penginapan yang lokasinya berdekatan dengan lokasi pernikahan. Beberapa pasangan yang lokasi pernikahannya di sebuah resort dapat memesan beberapa kamar resort untuk mengatasi permasalahan ini. Ada pula tempat-tempat lain yang menyewakan gedung pernikahan beserta penginapan. Wisma Kagama di Yogyakarta, misalnya. Selain memiliki tempat untuk pernikahan, mereka juga memiliki penginapan. Hati-hati, bahkan ada lokasi pernikahan yang harus Anda booking satu tahun sebelum tanggal pernikahan Anda.

Hal penting setelah menentukan lokasi pernikahan ialah mendaftarkan pernikahan ke lembaga pernikahan yang berwenang. Bagi yang Muslim, jika Anda memilih lokasi pernikahan di luar domisili yang tertera pada KTP (Kartu Tanda Penduduk), Anda harus mengurus Surat Numpang Nikah di KUA (Kantor Urusan Agama) yang berwenang di lokasi pernikahan Anda.

Konsep Pernikahan, Photographer, dan Videographer

Karena ini pernikahan impian Anda, maka konsep pernikahan semestinya juga dipersiapkan secara matang.

Apakah konsep pernikahan Anda menggunakan adat tertentu? Atau Anda menginginkan konsep modern? Pastikan Anda mendiskusikan pula dengan photographer dan videographer pilihan Anda. Mengapa? Karena keduanya dapat memberikan pertimbangan seni visual yang akan sangat-sangat-sangat membantu Anda. Entah apakah menggunakan upacara adat maupun modern, photographer dan videographer yang berkualitas akan menyarankan warna pakaian atau wedding dress Anda, latar belakang panggung pelaminan, serta kesesuaian antara warna tempat pernikahan dengan warna-warna yang akan Anda gunakan sebagai tema dalam acara pernikahan secara keseluruhan.

Ini penting jika Anda benar-benar menginginkan hasil foto dan video yang layak dikenang. Photographer dan Videographer yang berkualitas adalah seorang profesional yang memahami komposisi seni demi kenangan tersebut.

Undangan

Kita sudah sampai pada bagian yang sedikit lebih santai dibandingkan hal-hal di atas. Jika Anda sudah menentukan konsep pernikahan, maka menentukan desain dan warna undangan pernikahan akan lebih mudah.

Dewasa ini, undangan tidak hanya berupa cetak fisik, tetapi juga bisa dalam bentuk soft file, atau video animasi sederhana untuk menghemat budget pernikahan.

Khusus pasangan yang membuat undangan fisik dan hari pernikahannya sekitar 2-3 pekan setelah hari raya Idul Fitri, sebaiknya berhati-hati. Pastikan undangan sudah dicetak dan diterima sekitar 2 atau 3 pekan sebelum masuk masa-masa mudik ! Pesanlah jauh-jauh hari dan pastikan antara Anda dan jasa percetakan saling mengetahui kondisi masing-masing.

Permasalahannya, ada sebagian pasangan yang membagikan undangan selama sepekan sebelum hari pernikahan karena undangan selesai dicetak pada waktu itu. Tidak semua orang yang diundang memiliki waktu untuk menghadiri pernikahan, bahkan orang-orang penting dalam keluarga besar. Bisa jadi jadwal pernikahan Anda bertabrakan dengan jadwal-jadwal penting mereka. Jadi, sebaiknya Anda dan pasangan selesai membagikan undangan maksimal sebulan sebelum tanggal pernikahan supaya orang-orang yang diundang bisa mengatur jadwal mereka.

Wedding Dress & Dress Code

Pembuatan wedding dress juga membutuhkan pertimbangan yang matang dari berbagai segi, terutama waktu. Konsep wedding dress akan mengikuti konsep pernikahan, sementara dari segi waktu kalian perlu berhati-hati. Siapa tahu penjahit yang kalian minta membuat pakaian wedding sedang banyak orderan. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan penyelesaian wedding dress. Belum termasuk hal-hal tidak terduga yang terjadi beberapa waktu sebelum hari-H seperti; salah ukur dan keliru menerjemahkan keinginan desain.

Coba diskusikan bersama pasangan mengenai jenis bahan dan warna yang akan kalian pilih. Banyak alasan yang melatarbelakangi pemilihannya. Misal; memilih bahan yang tidak membuat mudah gerah, atau memilih warna yang sesuai dengan warna kulit. Setiap pasangan tentu memiliki pertimbangannya masing-masing.

Hati-hati ketika memilih warna. Pastikan mengamati warna kain dalam kondisi pencahayaan yang memadai. Siapa tahu warna yang kalian lihat di dalam toko ternyata tak sama persis dengan warna yang kalian inginkan setelah berada di luar toko. Pastikan pula kalian meminta izin kepada pegawai atau pemilik toko untuk dapat membawa potongan kain sebagai sample.

Selain wedding dress, ada pula dress code bagi kedua orangtua dan keluarga inti, saudara-saudara dekat, serta para penerima tamu yang berada di meja resepsionis dan berdiri berpasangan sepanjang jalan menuju pelaminan.

Sebetulnya hal ini merupakan tugas mereka. Beberapa dari mereka akan mewakili mencari bahan, kain, dan penjahit. Namun terkadang jika wakil dari mereka berhalangan, bersiaplah untuk mengurus hal tersebut bersama pasangan. Artinya, agenda kalian bertambah.

Mahar

Mahar atau bisa juga disebut mas kawin memiliki posisi penting dalam pernikahan, khususnya pernikahan umat Islam. Sebab, mahar merupakan syarat sahnya sebuah pernikahan. Biasanya mahar berupa Al-Qur’an dan seperangkat alat ibadah seperti; mukena, sajadah, dan tasbih. Cincin pernikahan, uang tunai, dan emas juga dapat menjadi mahar.

Namun, meskipun penting, mahar Saya letakkan setelah langkah-langkah di atas. Mengapa? Karena mahar dan langkah-langkah selanjutnya merupakan langkah yang tidak terlalu melibatkan banyak orang. Sifat mahar dalam langkah ini lebih fleksibel daripada memikirkan undangan, lokasi pernikahan, KUA, dan wedding dress atau dress code. Sebab; tentu saja percetakan, KUA, dan penjahit jauh lebih sibuk dibandingkan Anda. Mereka juga menangani permintaan pasangan pengantin selain Anda.

Seserahan

Seserahan biasanya berisi barang-barang kebutuhan sehari-hari perempuan seperti; perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi, pakaian dalam, tas, sepatu, baju (terkadang kain supaya perempuan bisa membuat sesuai kebutuhan), dan dompet.

Make-Up Artist

Terutama calon mempelai perempuan; tentu ingin tampil cantik pada momen bersejarah dalam hidupnya, ‘kan? Kebanyakan jasa Make-Up Artist dapat Anda temukan di Instagram. Anda juga dapat meminta rekomendasi dari teman-teman yang sudah menikah dan pernah menyewa jasa make-up artist, daripada Anda terlalu bersusah payah mencari-cari tanpa kualitas yang pasti. Oy Make Up Artist merupakan satu contoh dari sekian banyak make-up artist yang ada.

Souvenir

Banyak pertimbangan dalam memilih souvenir, terutama jika dilihat dari segi fungsinya. Saran Saya, pilihlah souvenir pernikahan yang bermanfaat dalam jangka waktu yang cukup panjang bagi para tamu undangan pasca pernikahan Anda. Dompet kain, misalnya.

Food & Beverages

Setidaknya, ada tiga hal yang harus tersedia dalam food&beverages pada pernikahan; nasi beserta lauk, makanan ringan, dan minuman. Ajak pasangan Anda menghadiri pernikahan teman, saudara, dan kolega untuk melakukan survey kecil-kecilan terhadap kualitas setiap catering yang disewa oleh penghelat acara. Biasanya pihak catering menyediakan kartu nama mereka di meja penerima tamu. Bagi yang ingin mengadakan resepsi pernikahan di Yogyakarta, Laras Catering merupakan contoh jasa catering yang terjamin mutunya.

Omong-omong; Enak, ‘kan. Makan-makan gratis.

Entertainment

Entertainment dalam pesta pernikahan begitu beragam meskipun dalam pengalaman Saya pesta pernikahan didominasi oleh band. Selain band, ada entertainment lain seperti dansa salsa, flash mob, atau tarian adat, iringan saxophone, dan semacamnya.

Setiap calon mempelai yang memiliki teman musisi, bisa langsung booking tanpa perlu bersusah payah mencari-cari lagi.

Apapun bentuk hiburannya, sesuaikan dengan konsep pernikahan dan bicarakan dengan pasangan Anda.

Dekorasi

Jangan lupa meminta denah lokasi pernikahan dari bagian managerial gedung untuk diberikan kepada pihak dekorasi. Ini memudahkan Anda mendeskripsikan apa yang Anda dan pasangan mau kepada pihak dekorasi hanya dengan sebuah gambar. Misal; di antara tempat parkir serta pintu masuk dengan meja penerima tamu terdapat jalan yang harus dilalui oleh para tamu. Anda dan pihak dekorasi bisa bersepakat untuk memajang foto kenangan masa kecil hingga dewasa milik kedua mempelai. Anda juga bisa menentukan tipe dekorasi pelengkap lainnya. Anda cukup menjelaskan kepada pihak dekorasi hanya dengan menunjuk lokasi jalan pada denah gedung pernikahan.

Denah juga dapat membantu pihak dekorasi menentukan lokasi panggung pelaminan, mendekorasi pelengkap lainnya seperti bunga, juga tata letak pencahayaan. Bisa juga membantu pihak dekorasi untuk menutup sudut-sudut dalam gedung yang semestinya tidak terlihat oleh para tamu.

EPILOG

Ya, itulah 12 langkah persiapan pernikahan yang Saya paparkan mulai dari yang paling urgent. Sebetulnya, setiap langkah sama-sama membutuhkan kewaspadaan dalam hal waktu. Jika terlambat sedikit dalam mengurusnya, tentu akan menjadi masalah.

Sebagian calon pengantin yang memiliki dana berlebih bisa saja langsung menyewa jasa wedding organizer untuk mengurus persiapan-persiapan itu. Sebagian lainnya memutuskan untuk mengurus persiapan tersebut sendiri, atau bahkan hanya mengadakan akad nikah tanpa resepsi. Well, apapun pilihan Anda, semoga 12 langkah versi ini dapat membantu mewujudkan pernikahan impian Anda dengan lancar. Beritahu Saya jika Anda membutuhkan jasa fotografi dan videografi wedding atau prewedding Anda dengan cara mengisi form ini.

Salam,

Jinan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *