Flu dan 8 Cara Ampuh Saya Menyembuhkannya

The Man Wear ring and drink with mug for curing his flu

Flu memang menyebalkan. Apalagi bagi orang-orang yang menjalani aktivitas padat dan penting dalam kehidupan sehari-harinya. Jika kita terkena flu kita akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, juga batuk. Bayangkan apabila kamu batuk terus-menerus saat belajar di kelas, kuliah, atau presentasi dan seminar di depan audiens serta kolega bisnis. Kita bahkan tidak tahu kapan hidung tersumbat dan ingus (cairan hidung) keluar. Beberapa dari kita akan memilih ke kamar mandi untuk membuangnya, sebagian lainnya memilih menggunakan tisu. Tidak nyaman, ‘kan? Aku juga.

Hello, my name is Jinan Ramadhan and thank you for reading my journal. I often take pictures of many people on single portrait, prewedding, and wedding. So many things that I can get from this activity. But in this article, I will tell about my experience in curing the flu quickly, below. I know that this journal doesn’t seem to have anything relations with photography. But, of course this article has relations with creative workers like me, and you too. If we are healthy and fit, we can carry out our activities and work well. Happy reading !

Pengalaman Flu dan Gejala-gejalanya

Aku tidak begitu ingat kapan pertama kali terkena flu. Namun satu hal yang sangat membekas adalah pengalamanku mengalami batuk pada masa kanak-kanak. Batuk sangat menyakitkan dan membuatku tidak nyaman. Aku sakit cukup lama waktu itu. Saking lamanya, nenekku membelikan jamu yang didapatnya dari seorang ibu penjual jamu gendong. Penjual jamu itu lewat gang belakang rumah nenekku setiap pagi. Aku tidak tahu apa nama jamu yang kuminum, tetapi yang bisa kuingat jamu tersebut berwarna hijau dan rasanya sangat pahit. Aku menahan nafas setiap kali meneguknya.

Semenjak itu hingga kini flu beserta gejala-gejalanya menjadi momok buatku. Aku merasa tidak nyaman setiap kali terbatuk terus-menerus ketika proses belajar-mengajar berlangsung pada saat sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Sebagian dari kita akan memilih untuk izin tidak masuk karena merasa tidak nyaman. Lebih baik tidak masuk daripada menjadi satu-satunya orang yang batuk parah. Apakah kalian juga pernah mengalami hal yang sama? Tapi sampai berapa lama? Menyebalkan ‘kan?

Sampai pada akhirnya, Aku menemukan solusi-solusi ampuhku sendiri untuk menyembuhkannya. Apa saja?

Banyak Istirahat

Aku menggunakan waktu yang ada untuk tidur. Aku tidak menyalakan AC maupun kipas angin dan menyelimuti tubuhku dengan selimut tebal. Sering-seringlah menggunakan waktu yang ada untuk melakukan ini pada saat kamu sakit. Aku masih membaca buku sembari mendengarkan musik, namun mengurangi aktivitas fisik berlebih.

Makan 3 Kali Sehari

Makanlah makanan yang berkuah dan hangat dan jangan makan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak seperti gorengan. Jenis makanan yang terlalu banyak mengandung minyak akan memperparah batukmu. Kamu bisa makan makanan seperti bakso, soto, sop, dan bubur. Perbanyak sayur dalam komposisi makananmu karena mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuhmu untuk menciptakan kekebalan terhadap penyakit.

Minum Air Hangat Sebanyak-banyaknya

Selain melegakan hidung yang tersumbat dan mengurangi sakit kepala, minum air mineral hangat sebanyak-banyaknya juga memiliki manfaat lain; menjaga stabilitas suhu tubuh serta mampu membuat kamu ingin buang air kecil sebanyak-banyaknya sehingga otomatis membantu mengurangi toxin dan virus dalam tubuh. Sering-seringlah minum air mineral hangat, bahkan sekalipun kamu tidak mengalami flu. Tentu saja karena air mineral hangat memiliki banyak manfaat lain. Kalau kamu sedang berada di luar rumah, kamu juga bisa memesan minuman seperti teh maupun jeruk hangat. Ada pula minuman hangat lain yang mengandung jahe seperti wedang ronde.

Minum Nelco Spesial

Bagiku ini obat yang sangat manjur meredakan batuk, melegakan tenggorokan, dan mengurangi gejala hidung yang tersumbat. Aku biasa meminumnya setelah makan sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa.

Minum Sanaflu

Ini juga obat yang ampuh. Namun perlu diperhatikan juga aturan pakai dan kontra indikasinya. Pasien dengan penyakit hipertensi parah, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan fungsi hati tidak boleh meminum obat ini.

Minum You C1000

Dosis satu botol per hari mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 1000 mg. Satu botol saja! Bermanfaat memelihara daya tahan tubuh terutama bagi orang yang sakit flu dan membutuhkan lebih banyak asupan vitamin dibandingkan orang sehat.

Fresh Care

Oleskan Fresh Care di tubuh bagian depan dan belakangmu, dan sedikit saja di pelipismu saat mau tidur. Oleskan saja secukupnya, asalkan kamu tahan. Aroma therapy dan kehangatannya akan membuatmu relax dan nyaman.

Makan Buah Sebanyak-banyaknya

Iya, makan buah sebanyak-banyaknya sama seperti minum air putih sebanyak-banyaknya. Aku biasa mengonsumsi dua buah naga merah sebelum makan saat sakit. Manfaat utama yang bisa kamu rasakan ialah; buah naga mengandung antioksidan yang tinggi dan memperlancar proses detoksifikasi(pengeluaran racun dari dalam tubuh). Buah lain seperti mangga, pisang, melon, semangka, atau pepaya juga bisa. Tapi Aku mengutamakan buah naga.

Kesimpulan

Aku memahami proses penyembuhan dari flu sebagai proses mengeluarkan virus atau racun dari dalam tubuh sekaligus memelihara daya tahan terhadap virus tersebut. Jika kita berbicara mengenai proses upaya mengeluarkan racun dari dalam tubuh, maka kita tidak hanya berbicara soal buang urine atau buang air besar. Kita juga membicarakan tentang bagaimana mengeluarkan segala bentuk cairan dalam tubuh yang mengandung virus. Dahak atau Ingus, misalnya.

Selain 8 cara ampuh yang kupaparkan di atas, kamu juga bisa mencoba mengeluarkan ingus atau dahak sesegera mungkin. Ketika terbatuk dan merasakan lendir di kerongkongan atau merasa ada ingus di hidung, Aku terbiasa membuangnya di wastafel. Coba kamu tutup salah satu saluran hidungmu, dan hembuskan nafas sampai ingusmu keluar. Ini patut dicoba, namun jangan memaksakan diri jika ingus tidak keluar atau hanya keluar sedikit. Setelah selesai, pastikan kamu membersihkan wastafel dan mencuci tangan supaya mencegah penularan virus ke anggota keluargamu yang lain.

Aku baru melakukan 8 cara ampuh ini sekitar lima tahun belakangan. Perlu diingat, bahwa cara-cara ini hanya bisa ampuh apabila kamu menjalankannya dengan ketat, terutama apabila kamu banyak beristirahat dan tidur. Pertama kali mencoba cara-cara ini Aku bisa sembuh dalam 5 hari. Kemudian untuk yang kedua kalinya, Aku sembuh dalam tiga hari. Terakhir kali Aku berhasil mencegah gejala flu hanya dalam satu hari. Cara-cara ini bukanlah cara yang mutlak, karena sebagaimana yang kupaparkan di atas ada obat yang tidak sesuai dengan penderita penyakit tertentu. Bagi kalian yang ingin mencobanya, cobalah.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian memiliki cara ampuh tersendiri mengobati flu? Tuliskanlah di kolom komentar, supaya kita dapat saling berbagi. Jagalah kesehatan kalian masing-masing, semoga kalian senantiasa sehat, dan selamat beraktivitas !

Salam,

Jinan Ramadhan

4 Replies to “Flu dan 8 Cara Ampuh Saya Menyembuhkannya”

  1. Nova Elizabeth

    Pengalaman aq klo lagi flu:
    – klo tidur: pake selimut, kaus kaki, masker. Kenapa pake masker..?!? Karena masker membantu menghangatkan rongga hidung, sehingga diharapkan lendir bisa mengering dengan alami. Bernafas selalu diusahakan melalui hidung. Bila hidung kanan mampet, tidur miring ke kiri. Bila kiri yg mampet, miring ke kanan. Kenapa..?!? Diharapkan tidur dgn posisi hidung yg mampet di posisi atas, lendir penyebab mampet itu bisa turun ke tenggorokan, sehingga mudah utk bernafas kembali.
    – klo sedang beraktifitas sehari2: pake masker n hindari berbicara berlebih. Klo aq malah sebisa mungkin ga ngomong. Kenapa..?!? Agar hidung lebih fokus digunakan utk bernafas, dan mulut ga curi2 napas, yg akhirnya malah bikin tenggorokan ikut meradang.
    – aq ga memaksa membuang ingus, tapi ingusnya aq biarin meler aja gitu.. Kan pake masker. Biar awet n ga sering ganti masker, maskernya aq alasin tissue. Jadi, klo dah full, tissuenya yg dibuang, bukan maskernya. Oiya, knp dibiarin meler gitu aja..?!? Karena lendir atw ingus itu terjadi krn adanya peradangan di rongga sinus hidung (rongga di pipi, di bawah kantong air mata). Jadi, klo di paksa mengeluarkan ingus utk dibuang, kemungkinan peradangan akan semakin parah. Lebih baik biarkan aja ingusnya meler alami.
    – perkuat daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, minum banyak (krn flu pilek dan batuk di sebabkan oleh virus, tidak akan bisa di hentikan dengan pemberian antibiotik. minum air sebanyak2nya utk membantu virus lebih cepat keluar dri dalam tubuh), istirahat cukup. Bila perlu, bisa ditambahkan imunomodulator yg biasa dikenal dgn Imboost..

    Selama ini aq jarang bgt minum obat, kecuali klo emang keadaannya udah urgent bgt n tetep harus jalan wlopun lagi kurang fit, baru deh obat aq minum. Biasanya aq pake ANADEX, krn komposisinya komplit. Ada PPa utk pilek, GG utk batuk n PCT utk demam n pusing.

    Semoga bermanfaat..

    • admin

      Wah ini detail yang sangat bermanfaat dari seorang perawat ! Kita sama-sama tidur miring ke kanan dan mengeluarkan ingus kalau sudah meler. Saya lupa menambahkan detail soal membuang ingus kalau sudah meler. Tapi soal detail peradangan itu menarik ! Terima kasih atas saran tambahannya ya !

  2. Nova Elizabeth

    Maaf pak, saya bukan perawat.. cuma seorang apoteker yg lagi mendalami dunia perhidungan, setelah resign daru RS Umum ke RS Khusus Bedah THT.. Ternyata urusan perhidungan ini tidak sesimple yg terlihat.. Banyak rongga2 yg perlu ditelusuri dan dipahami masing2 karakternya, ehehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Instagram